skip to Main Content
Eksterior Dan Interior Rumah

Eksterior dan Interior Rumah

Rumah adalah sebuah bangunan atau tempat yang digunakan untuk tinggal. Rumah biasanya juga tempat untuk individu atau keluarga dapat beristirahat dan menyimpan barang-barang pribadi maupun keluarga. Ada 2 bagian utama dalam membangun sebuah rumah yaitu eksterior rumah dan interior rumah.

Eksterior rumah

Eksterior adalah penampakan rumah dari sisi luar. Biasanya kalau kita membeli atau membangun rumah, eksterior menjadi hal pertama yang kita lihat, sementara interior rumah. Ada eksterior bergaya klasik seperti kebanyakan bangunan di Negara eropa, ada eksterior bergaya minimalis yang sedang tren saat ini, dan juga ada eksterior bergaya adat di Indonesia, seperti rumah joglo, rumah gadang, dll. Selain bangunan utama eksterior rumah juga meliputi sarana penunjang lain seperti taman pendukung, carport/garasi, dan juga pagar rumah.

Interior Rumah

interior rumahBagian kedua adalah interior rumah. Bagian ini sebenarnya bagian yang paling penting karena interior adalah bagian yang banyak bersentuhan dengan pengguna rumah itu sendiri. Berbicara tentang interior rumah tinggal, umumnya terdiri dari pembagian ruang, termasuk jenis ruangan dan ukuran setiap ruang yang ada dalam rumah, dan desain interior yang ada dalam setiap ruangan.

Pembagian ruang

Hal ini meliputi ruangan ruangan apa saja yang ada dalam rumah kita dan berapa ukuran untuk masing-masing fungsi tersebut. Misalkan kita memiliki rumah dengan luas 150 meter, ada berapa kamar tidur yang kita butuhkan, berapa kamar mandi, berapa ukuran dapur dan ruang tamu, dimanakah letak tangga dan sebagainya. Pembagian ruang yang salah akan mengakibatkan interior rumah tidak berfungi secara maksimal. Oleh karena itu pembagian ruang adalah elemen pertama terpenting dalam membuat interior hunian anda.

Desain interior

Jika sudah ada pembagian ruang, elemen selanjutnya adalah desain interior rumah itu sendiri. Bagian ini sangat penting karena akan menentukan apakah ruangan yang sudah dibagi dalam rumah mempunyai fungsi yang paling utama ketika membangun sebuah rumah, yaitu kenyamanan untuk di tempati.

Pemilihan jenis furniture, pemilihan wall paper, pembuatan dapur, pembuatan lemari pakaian, pembuatan tempat tidur, dan accessories interior lain adalah beberapa bagian dalam interior rumah.

Yang juga harus diperhatikan adalah apakah jenis furniture umum yang di jual di pasaran dibuat sesuai dengan desain dan ukuran rumah anda, ataukan anda membuat furniture sendiri yang dibuat khusus sesuai dengan ukuran, selera, dan budget anda, sehingga interior rumah anda terlihat lebih ringkas, mempunyai tema yang sama, dan lebih nyaman untuk ditempati.

Memiliki rumah adalah impian semua orang, karena rumah adalah tempat pulang, tempat beristirahat, dan tempat berkumpul bersama dengan keluarga. Oleh karena itu, kita harus benar-benar bisa melihat kebutuhan dan keinginan kita terhadap sebuah rumah sehingga kita mendapatkan rumah tidak hanya yang bagus, namun juga nyaman untuk ditempati .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top