skip to Main Content
Desain Interior Apartemen

Desain Interior Apartemen

Tips Membuat Desain Interior Apartemen

Mengatur interior apartemen agak berbeda dengan interior rumah karena apartment biasanya memiliki ukurang ruang yang lebih ‘rigid’ dibandingkan dengan landed house. Oleh karena itu diperlukan teknik khusus dalam menentukan desain interior apartemen.

Desain interior apartemen

Untuk interior rumah, peluang anda untuk membeli furniture jadi masih cukup besar karena space mungkin tidak terlalu menjadi concern, namun jika anda anda memiliki unit apartemen, memakai jasa desain interior apartemen menjadi pilihan yang sangat layak anda pertimbangkan karena space yang terbatas.

Disamping space yang terbatas, anda juga perlu pertimbangkan mobilisasi furniture ke apartemen anda. Sebagian dari anda mungkin tidak ingin terlalu report mengurus perpindahan tempat tidur, lemari, dan furniture lain yang ukurannya cukup besar masuk ke unit apartemen anda, yang mungkin bisa jadi ada dilantai yang cukup tinggi dan harus memakai lift untuk membawanya. Berbeda dengan ketika anda akan memasukkan furniture jadi ke dalam rumah bukan ? Lalu bagaimanakah langkah langkah kalau kita mau melakukan desain interior apartemen kita?

Berikut langkahnya :

  1. Langkah pertama adalah mencari ukuran detail dari apartemen yang anda miliki, tidak hanya dari luasan apartemen, tapi juga denah dan ukuran bersih dalam ruang apartemen tersebut.
  2. Kenapa kami sebut ukuran bersih, karena furniture dalam desain interior apartemen anda nanti akan dibuat berdasarkan ukuran bersih yang ada dalam ruangan, sementara banyak denah apartemen yang menyajikan ukuran kotor (gross). Jangan sampai anda salah melakukan desain yang akhirnya ukuran furniture nya tidak cocok ketika akan dilakukan instalasi.
  3. Langkah kedua adalah menentukan fungsi setiap ruangan dan jenis furniture yang dibutuhkan. Misalnya anda memiliki apartmen dengan 2 bedroom, apakah keduanya akan difungsikan sesuai fungsi awalnya sebagai bedroom ataukah anda akan fungsikan sebagai ruang lain misalnya ruang TV atau rang kerja. Pastikan desain interior apartemen anda sesuai dengan kebutuhan
  4. Langkah ketiga adalah menentukan jenis furniture yang dibutuhkan dalam setiap ruangan. Pada fase ini juga anda tentukan jenis kitchen yang anda butuhkan, rak tv, tempat tidur, meja kerja dan furniture penunjang lain.
  5. Langkah terakhir adalah melakukan desain interior apartemen berdasarkan requiremen di atas. Carilah vendor desain interior yang bisa menyajikan gambar 3 D sehingga anda mendapatkan gambaran desain sebelum masuk ke fase produksi. Lakukan revisi dari gambar 3 D tersebut sehingga benar-benar sesuai dengan keinginan dan budget anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top